KEPEMIMPINAN DENGAN KETELADANAN: STUDI KATA “TELADAN” DALAM PERJANJIAN BARU DAN IMPLEMENTASINYA BAGI KEPEMIMPINAN KRISTEN MASA KINI

Penulis

  • Ferijanto Sekolah Tinggi Teologi dan Entrepreneurship Pringgading

DOI:

https://doi.org/10.61660/tep.v2i1.58

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kristen, Keteladanan, Studi Kata

Abstrak

Keteladanan merupakan salah satu faktor penting dalam kepemimpinan Kristen, yang dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah prinsip dalam Alkitab, khususnya Perjanjian Baru. Peneliti melakukan pendalaman terhadap prinsip-prinsip tersebut dengan melakukan kajian Studi Kata Bahasa Yunani, yaitu terhadap lima kata Yunani yang dapat diartikan “teladan”, yaitu: ὑπόδειγμα, μιμέομαι, τύπος, ὑπογραμμὸς dan δεῖγμα. Semua kata itu berpusat pada karakter dan karya Yesus Kristus.

Ketika keteladanan benar-benar diimpelementasikan dalam Kepemimpinan Kristen, hal itu mendatangkan manfaat yang sangat besar terlebih dengan mempertimbangkan pelbagai aspek yang ada, sesuai dengan model dan konteks dari kepemimpinan itu sendiri.

Biografi Penulis

Ferijanto, Sekolah Tinggi Teologi dan Entrepreneurship Pringgading

Ketua dan Dosen Sekolah Tinggi Teologi dan Entrepreneurship Pringgading

File Tambahan

Diterbitkan

2023-04-12 — Diperbaharui pada 2023-06-13

Versi

Cara Mengutip

Setiadarma, F. (2023). KEPEMIMPINAN DENGAN KETELADANAN: STUDI KATA “TELADAN” DALAM PERJANJIAN BARU DAN IMPLEMENTASINYA BAGI KEPEMIMPINAN KRISTEN MASA KINI. TEOLOGIS-RELEVAN-APLIKATIF-CENDIKIA-KONTEKSTUAL, 2(1), 63–86. https://doi.org/10.61660/tep.v2i1.58 (Original work published 12 April 2023)