PRAKTIK SOSIAL ENTREPRENEUR GUNA PENGEMBANGAN LIFE SKILL PENYANDANG DISABILITAS DI BALAI KARYA BERKAT SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.61660/track.v4i1.211Kata Kunci:
Sosial Entrepreneurship, Life Skills, DisabilityAbstrak
Praktik sosial entrepreneur merupakan pendekatan inovatif yang menggabungkan tujuan sosial dengan prinsip kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik sosial entrepreneur di Balai Karya Berkat Salatiga dan perannya dalam pengembangan life skill penyandang disabilitas. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa Balai Karya Berkat Salatiga berhasil menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung pemberdayaan ekonomi dan sosial penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sosial berupa pelatihan keterampilan untuk berwirausaha mampu meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri penyandang disabilitas. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pemberdayaan berbasis komunitas yang berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Albert Bandura. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.
Creswell, J. W. (2013). Reserch Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed [Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Approach ] (Ketiga). Pustaka Pelajar.
Daniel Goleman. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.
Dees, J.G., Emerson, J., & Economy, P. (2001). Enterprising Nonprofits: A Toolkit for Social Entrepreneurs. Wiley.
Ima Susilowati, & Indana Laazulva. (2014). Assessment on Private Sector Employment of People with Dissability. CIRCLE Indonesia.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024, December 3). Bukti Kesuksesan Penyandang Disabilitas di Ruang Publik Berkat Penyediaan Dukungan dan Peluang. Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/12/bukti-kesuksesan-penyandang-disabilitas-di-ruang-publik-berkat-penyediaan-dukungan-dan-peluang#:~:text=Berdasarkan data Badan Pusat Statistik,%2C5%25 dari total populasi.
Lemmi, V., Kuper, H., Blanchet, K., & Joerg Guenter Weber. (2016). Community-based rehabilitation for people with disabilities. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/304351165_Community-based_rehabilitation_for_people_with_disabilities
Listyani, T. T., Widiyati, S., Wijayanto, E., Rois, M., Fatati, M., Martia, D. Y., Adhi, N., & Rikawati. (2024). Pemberdayaan Potensi Insan Difabel Guna Peningkatan Kemandirian Finansial Melalui Pendampingan Produksi Kain Lukis dan Pengelolaan Usaha. JAMASKU, 2(2), 86–100. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/jamasku/article/view/5345
Lukas, T., Menayang, A. P., & Marta, R. F. (2021). Peran Perusahaan Alfamidi Membangun Kepercayaan Diri Difabel Dalam Dunia Kerja. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1).
Sandiki, R., & Kustiadi, J. (2024). ENTREPRENEURSHIP DALAM PELAYANAN GEREJAWI. TEOLOGIS-RELEVAN-APLIKATIF-CENDIKIA-KONTEKSTUAL, 3(1), 61–89. https://doi.org/10.61660/track.v3i1.173
Saragih, E. S. (2019). Fungsi Gereja Sebagai Entrepreneurship Sosial dalam Masyarakat Majemuk. Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen.
Sari Dewi Poerwanti. (2017). Pengelolaan Tenaga Kerja Difabel untuk Mewujudkan Workplace Inclusion. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 4(1), 1–24.
ukm.pedulidifabel. (2022). Preliminary Research 2022: Keterlibatan Difabel dalam Dunia Kerja. pedulidifabel.ukm.ac.id. https://pedulidifabel.ukm.ugm.ac.id/2022/11/28/preliminary-research-2022-keterlibatan-difabel-dalam-dunia-kerja/?utm_source=chatgpt.com
UU No.8 Tahun 2016. (2016). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pemerintah Pusat Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/37251/uu-no-8-tahun-2016
WHO. (1994). Life Skills Education for Children and Adolescents in Schools. World Health Organization.
WHO. (2023). Disability. World Report on Disability. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/disability-and-health .

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dwi Novita Sari, Fibry Jati Nugroho

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.