PRAKTIK SOSIAL ENTREPRENEUR GUNA PENGEMBANGAN LIFE SKILL PENYANDANG DISABILITAS DI BALAI KARYA BERKAT SALATIGA

Penulis

  • Dwi Novita Sari STT Sangkakala
  • Fibry Jati Nugroho Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.61660/track.v4i1.211

Kata Kunci:

Sosial Entrepreneurship, Life Skills, Disability

Abstrak

Praktik sosial entrepreneur merupakan pendekatan inovatif yang menggabungkan tujuan sosial dengan prinsip kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik sosial entrepreneur di Balai Karya Berkat Salatiga dan perannya dalam pengembangan life skill penyandang disabilitas. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa Balai Karya Berkat Salatiga berhasil menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung pemberdayaan ekonomi dan sosial penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sosial berupa pelatihan keterampilan untuk berwirausaha mampu meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri penyandang disabilitas. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pemberdayaan berbasis komunitas yang berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dwi Novita Sari, STT Sangkakala

Dosen di STT Sangkakala, Salatiga

Fibry Jati Nugroho, Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

Dosen tetap di Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

Referensi

Albert Bandura. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.

Creswell, J. W. (2013). Reserch Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed [Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Approach ] (Ketiga). Pustaka Pelajar.

Daniel Goleman. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Dees, J.G., Emerson, J., & Economy, P. (2001). Enterprising Nonprofits: A Toolkit for Social Entrepreneurs. Wiley.

Ima Susilowati, & Indana Laazulva. (2014). Assessment on Private Sector Employment of People with Dissability. CIRCLE Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024, December 3). Bukti Kesuksesan Penyandang Disabilitas di Ruang Publik Berkat Penyediaan Dukungan dan Peluang. Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/12/bukti-kesuksesan-penyandang-disabilitas-di-ruang-publik-berkat-penyediaan-dukungan-dan-peluang#:~:text=Berdasarkan data Badan Pusat Statistik,%2C5%25 dari total populasi.

Lemmi, V., Kuper, H., Blanchet, K., & Joerg Guenter Weber. (2016). Community-based rehabilitation for people with disabilities. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/304351165_Community-based_rehabilitation_for_people_with_disabilities

Listyani, T. T., Widiyati, S., Wijayanto, E., Rois, M., Fatati, M., Martia, D. Y., Adhi, N., & Rikawati. (2024). Pemberdayaan Potensi Insan Difabel Guna Peningkatan Kemandirian Finansial Melalui Pendampingan Produksi Kain Lukis dan Pengelolaan Usaha. JAMASKU, 2(2), 86–100. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/jamasku/article/view/5345

Lukas, T., Menayang, A. P., & Marta, R. F. (2021). Peran Perusahaan Alfamidi Membangun Kepercayaan Diri Difabel Dalam Dunia Kerja. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1).

Sandiki, R., & Kustiadi, J. (2024). ENTREPRENEURSHIP DALAM PELAYANAN GEREJAWI. TEOLOGIS-RELEVAN-APLIKATIF-CENDIKIA-KONTEKSTUAL, 3(1), 61–89. https://doi.org/10.61660/track.v3i1.173

Saragih, E. S. (2019). Fungsi Gereja Sebagai Entrepreneurship Sosial dalam Masyarakat Majemuk. Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen.

Sari Dewi Poerwanti. (2017). Pengelolaan Tenaga Kerja Difabel untuk Mewujudkan Workplace Inclusion. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 4(1), 1–24.

ukm.pedulidifabel. (2022). Preliminary Research 2022: Keterlibatan Difabel dalam Dunia Kerja. pedulidifabel.ukm.ac.id. https://pedulidifabel.ukm.ugm.ac.id/2022/11/28/preliminary-research-2022-keterlibatan-difabel-dalam-dunia-kerja/?utm_source=chatgpt.com

UU No.8 Tahun 2016. (2016). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pemerintah Pusat Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/37251/uu-no-8-tahun-2016

WHO. (1994). Life Skills Education for Children and Adolescents in Schools. World Health Organization.

WHO. (2023). Disability. World Report on Disability. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/disability-and-health .

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-14

Cara Mengutip

Sari, D. N., & Nugroho, F. J. (2025). PRAKTIK SOSIAL ENTREPRENEUR GUNA PENGEMBANGAN LIFE SKILL PENYANDANG DISABILITAS DI BALAI KARYA BERKAT SALATIGA . TEOLOGIS, RELEVAN, APLIKATIF, CENDIKIA, KONTEKSTUAL, 4(1), 119–135. https://doi.org/10.61660/track.v4i1.211